Membangun Banjarnegara dari dunia pendidikan

Mermbangun SDM

Seluruh negara maju di dunia ini melakukan upaya membangun dari peningkatan SDM. Lihat negara-negara eropa yang bermula dari revolusi di Inggris. Pada waktu itu Inggris melakukan revolusi besar-besaran dengan mengubah kebijakan dari tenaga padat karya menjadi tenaga mesin. dalam kasus ini mungkin pada saat itu manusia atau warga negara merasa disingkirkan oleh mesin. Namun dibalik itu sejak saat itu bangsa eropa melakukan belajar keras untuk dapat tetap exis. Mereka terus belajar agar dapat mengoperasionalkan mesin-mesin tersebut sehingga mereka tetap terus bisa bekerja.

Lihat Bangsa Jepang, sesaat setelah kehancurannya pasca Perang Dunia ke-2 mereka segera menggiatkan pendidikan untuk menggenjot ketertinggalannya. Banyak para pemuda dikirim ke eropa dan Amerika untuk melakukan proses belajar. Setelah mereka pintar lantas pulang untuk membangun negaranya. Dan Sekarang bisa kita lihat bahwa Jepang adalah salah satu negara termaju di dunia ini.

Barangkali tidak berlebihan jika Banjarnegara ingin menjadi daerah yang maju, maka yang perlu mendapatkan prioritas adalah membangun Sumber daya Manusia melalui pendidikan.

Pendidikan murah barangkali belumlah cukup menjawab tantangan itu semua. Karena pembangunan yang berkualitas adalah yang menjadi lebih berarti. Ibarat membangun sebuah gedung, Jika gedung yang dibangun tidak berkualitas karena harganya murah tentu hanya akan bertahan dalam waktu yang singkat, dan dalam periode waktu tertentu justru akan menjadi beban bagi pemiliknya.

Begitu pula membangun SDM yang kurang berkualitas, dalam waktu dekat mungkin menguntungkan dengan pelayanan yang ringan dan biaya murah. Namun demikian, dalam periode tertentu justru mereka akan menjadi beban daerah.

Satu Balasan ke Membangun Banjarnegara dari dunia pendidikan

  1. syambara mengatakan:

    Bangunan Fisik hanya akan bertahan beberapa waktu saja, bangunan sumber daya manusia akan mampu membangun fisik selamanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: